Selasa, 22 November 2011

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Ekstrakulikuler merupakan salah satu pengembangan dari minat dan bakat peserta didik yang didukung oleh pihak sekolah guna menambah potensi dalam diri peserta didik.

Seperti di SMA Negeri 8 Tangerang  ada beberapa macam ekstrakulikuler yang disediakan diantaranya Basket, Futsal, Voli, Fotografi, IT Club, Tenis Meja, English Club,Bahasa Jepang, KIR,Acoustic,dan banyak lagi.

Seperti yang kita tahu saat ini kalau kegiatan Ekstrakurikuler dikenal sebagai kegiatan tambahan pelajaran sesuai pelajaran yang diinginkan dan tertera di daftar kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan Ekstrakulikuler adalah suatu kegiatan penambahan pembelajaran yang mendorong atau mendidik siswa dan siswi untuk mendalami pelajaran yang dianggap kurang dan yang mereka senangi atau mengembangkan bakat dan potensi seorang siswa dan siswi yang pastinya dimiliki setiap orang.


Kegiatan ekstrakurikuler biasanya berlangsung hingga sore hari dimana siswa dan siswi sudah tidak ada pelajaran wajib dalam kelas lagi dan kegiatan ini dimulai dari sepulang sekolah. Guna dari kegiatan ekstrakurikuler bisa dikaitkan dengan menambah nilai yang kurang dalam mata pelajaran yang diambil, pengembangan bakat siswa dan siswi, dan juga sebagai sarana permainan yang diminati seorang siswa dan siswi atau sarana bermain sambil belajar.

Kegiatan Ekstrakurikuler bisa dibilang penting atau pun bagi beberapa orang mengatakan tidak terlalu penting, tapi coba kita lihat dari sisi baiknya, kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing anak pasti akan lebih terpandu dengan adanya suatu alat yang mendorong mereka secara pelan-pelan. Sejauh ini, kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung cukup baik karena selain semangat dari muridnya dan guru yang berkaitan dengan pelajarannya juga mendidik dengan baik.

Dengan adanya kegiatan tersebut, kegiatan belajar mengajar juga dapat lebih lancar dan saling menambah wawasan lebih dibandingkan dikelas. Kegiatan ekstrakurikuler biasanya diwajibkan kepada semua siswa pada sekolah tersebut. Menurut pandangan penulis tentang kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat bagi murid-murid yang menyukai bidang studi pilihannya masing-masing sesuai kemauan diri sendiri bukan paksaan dari luar.

Dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler mungkin yang paling banyak diminati adalah kegiatan bersifat olahraga dan ilmu teknologi seperti Futsal dan Komputer. Dengan kegiatan ekstrakurikuler yang sudah ada sekarang, Penulis merasa sudah banyak perubahan pengembangan jenis ekstrakurikuler atau jumlah aktivitas yang juga dapat mendukung bakat siswa saat ini. Saran dari Penulis untuk siswa dan siswi yang kurang memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler sebaiknya tetap berpikir jika pengembangan ilmu dan talenta yang dimiliki seseorang sebaiknya dikembangkan agar dapat meraih hasil yang sukses dimasa mendatang nanti bagi diri sendiri dan orang lain.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar